logo

Membuat Breadcrumbs Rich Snippets

Membuat Breadcrumbs Rich Snippets

Menampilkan breadcrumbs, tentunya kita juga harus ikut aturan mainnya google. Aturannya sendiri ada yang menggunakan standar microdata, microformat atau RDF (gak ngerti juga deh maxud persisnya apaan). Dan saya sendiri pakai cara yang paling mudah, ini adalah standar micro data untuk breadcrumbs yang disederhanakan:

Spoiler :
 <div xmlns:v="http://rdf.data-vocabulary.org/#">
<a href="http://www.example.com/dresses" itemprop="url">
<span itemprop="title">Dresses</span>
</a> »
</div>

Sebelumnya sobat sudah pernah memakai breadcrumbs pada blognya’kan? Kalo belum, tuh contohnya ada pada bagian atas halaman ini: Home » Category #1, Category # » Judul Artikel… Sekarang kita tinggal sesuaikan dengan engine wordpress dengan menambahkan property data punya data-vocabulary.org pada file single.php. Jika breadcrumbs sudah ada, sobat hanya tinggal menyesuaikan sedikit datanya pada text yang ditebalkan. Jika belum ada silahkan copy code di bawah ini dan simpan pada bagian atas post kira-kira di atas judul postingan atau yang penting tampilannya rapi:

Spoiler :
<div id="postpath" xmlns:v="http://rdf.data-vocabulary.org/#">
<span typeof="v:Breadcrumb"><a title="Go to homepage" href="/" rel="v:url" property="v:title">Home</a></span>
&raquo;
<?php the_category(', '); ?>
&raquo;
<?php the_title(); ?>
</div>

Langkah selanjutnya, berhubung kode <?php the_category(', '); ?> sudah menampilkan daftar kategori lengkap dengan link dan atributnya, maka kita harus edit atribut ini. Caranya: buka file category-template.php pada folder wp-includes, lalu temukan dan ubah kode pada line/ baris 163 dan 207 masing-masing menjadi:

Spoiler :
Line 163:
$rel = ( is_object( $wp_rewrite ) && $wp_rewrite->using_permalinks() ) ? 'rel="v:url" property="v:title"' : 'rel="category"';


Line 207:
$thelist .= '<span typeof="v:Breadcrumb"><a href="' . esc_url( get_category_link( $category->term_id ) ) . '" title="' . esc_attr( sprintf( __( "View all posts in %s" ), $category->name ) ) . '" ' . $rel . '>' . $category->name.'</a></span>';

Kalau langkah-langkah di atas sudah selesai, saatnya kita test pemakaian google breadcrumbs wordpress ini pada halaman posting wordpress sobat. Kunjungi link Rich Snippets Test ini, masukan salah satu URL postingan sobat (link single post ya, bukan halaman utama, page atau, kategori) dan klik preview. Jika pemakaian kode di atas sudah benar, maka selamat kini blog sobat sudah memiliki breadcrumbs rich snippets yang akan tampil pada halaman pencarian.

0 komentar:

Posting Komentar