logo

Optimasi Database Wordpress Dengan Cara Merampingkan Ukuran SQL

Optimasi Database Wordpress Dengan Cara Merampingkan Ukuran SQL

Sebagaimana kita ketahui, semenjak versi 2.6, WordPress telah menambahkan salah satu fitur yang sebenarnya cukup baik yaitu post revisi atau auto save yang akan merekam setiap perubahan yang dilakukan oleh penulis ke dalam database, dan pada saat tertentu jika dibutuhkan beberapa perubahan tersebut bisa dikembalikan ke kondisi semula. Akan tetapi fitur yang baik ini bisa menimbulkan beberapa masalah yaitu meningkatnya ukuran database wordpress. Semakin banyak jumlah postingan dan atau semakin sering kita melakukan editing postingan maka jumlah post revisinya juga semakin banyak.

Akibat membengkaknya ukuran database, maka akan berpotensi menurunkan kinerja wordpress (loading) dan bisa memberatkan kerja server hosting. Langkah yang bijak yang harus dilakukan adalah mengoptimasikan tabel-tabel database wordpress tersebut dengan cara merampingkan ukurannya. Untuk merampingkan ukuran database wordpress, kita bisa melakukannya lewat perintah SQL yang nantinya secara otomatis akan menghapus seluruh tabel yang berisi post revisi.

Optimasi Database Wordpress Dengan Cara Merampingkan Ukuran SQL Sebagai Berikut:
Cara Menghapus Post Revision Dari Database

    Buka phpMyAdmin dari Cpanel/Spanel hosting.
    Pilih WordPress Database anda.
    Backup database anda.
    Setelah backup selesai, klik tombol SQL.
    Di dalam kotak untuk melaksanakan perintah SQL pada database ketikkan perintah atau query sebagai berikut :

DELETE FROM wp_posts WHERE post_type = "revision";

atau jika mau menghapus semua post revisi dalam tabel yang lainnya seperti pada wp_term dan wp_postmeta bisa menggunakan perintah ini :
Spoiler :

DELETE a,b,c 
FROM wp_posts a 
LEFT JOIN wp_term_relationships b ON (a.ID = b.object_id) 
LEFT JOIN wp_postmeta c ON (a.ID = c.post_id) 
WHERE a.post_type = 'revision'

Kemudian klik tombol Go, jika muncul notifikasi apakah anda ingin "DELETE FROM wp_posts WHERE post_type = "revision";", klik saja tombol oke.
Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan nantinya akan ada laporan berapa baris “post revision” yang telah berhasil dihapus.

2 komentar:

adheens mengatakan...

Sebaiknya bagaimana mas, apakah cukup menghapus post revision saja atau juga menghapus wp_term dan wp_postmeta dengan menggunakan kode yang kedua ?

Terima Kasih, mohon keterangannya ..

Unknown mengatakan...

Kalau ane biasanya menggunakan kode yang kedua.
Sebaiknya agan backup aja dulu SQL/database untuk perbandingan, dan lihat hasilnya.

Posting Komentar